Wednesday, December 30, 2009

Bikin Ubuntu Rasa Mac



mac4linmac4lin
Sebelum diubah




Sistem operasi besutan Apple, Mac OS, terkenal memiliki tampilan atau interface yang sangat aduhai. Ia juga populer sebagai komputernya para desainer grafis.



Sayang, untuk dapat memiliki komputer merek ini, kita harus rela merogoh kocek cukup dalam. Tapi jangan frustrasi dulu, bagi pengguna Linux yang kepingin desktopnya tampil menyerupai Mac OS, ada cara untuk mengakalinya. Selain mudah, Anda juga tidak perlu khawatir dengan biaya apa pun karena status Linux sebagai sistem operasi open source tentunya bebas biaya alias gratis.



Nama aplikasinya adalah Mac4Lin. Aplikasi ini mendukung Gnome 2.26, tapi dapat pula disandingkan dengan versi sebelumnya.



Tanpa ba bi bu lagi, mari kita mulai.



1. Untuk memulai, unduh dulu file Mac4Lin_v1.0.tar.gz di http://sourceforge.net/projects/mac4lin.





2. Ekstrak folder Mac4Lin_Install_v1.0 yang ada di dalam file tersebut.



3. Masuk ke dalam folder tersebut lalu klik-ganda di file Mac4Lin_Install_v1.0.sh. Setelah itu, klik Run In Terminal.



4. Akan muncul tulisan "Do you want to enable Metacity Compositor? If you are unsure about this or use Compiz, type 'n' [y/n]? ". Ketik "y" di sana, lalu tekan enter.



5. Kemudian, muncul pertanyaan lainnya: "The following components require root access. You can opt out of installing them as they can be manually installed as well. Would you like to install these components? If unsure, type 'n' [y/n]?". Kembali ketiklah "y" diikuti dengan enter.



6. Setelah muncul tulisan "Installing Mac4Lin GDM Login Theme and Sounds...", ketikkan password Anda, lalu enter untuk menginstal sound dan login window bergaya Mac4Lin. Setelah itu, tekan sembarang tombol jika muncul tulisan "press any key to continue". Secara otomatis, terminal akan tertutup.





7. Selamat! Mac4Lin telah terinstal di Ubuntu Anda. Untuk mengganti login window Ubuntu Anda dengan login window Mac4Lin, silakan bertandang ke system-adminstration-login window. Di sana, klik tap local, lalu beri tanda centang pada Mac4Lin GDM v1.0. Jangan lupa, hilangkan tanda centang pada welcome theme yang sebelumnya.



8. Ganti wallpaper Anda dengan wallpaper Mac4Lin yang ada di folder Mac4Lin_Install_v1.0-wallpapers.



9. Agar semakin terlihat seperti produk Apple, Anda juga bisa mengganti theme Firefox dengan theme Mac OS X. Caranya, tinggal drag dari folder Mac4Lin_Install_v1.0-mozilla-firefox, lalu drop di tab theme pada add-ons Firefox. Jika ternyata theme tersebut tidak kompatibel dengan Firefox Anda, unduh saja dari https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/12782 atau cari theme yang kompatibel di kolom pencarian. Anda dapat pula menambahkan dock di Ubuntu, seperti awn dan wbar, untuk mempercantik penampilannya. Dan jangan lupa, aktifkan juga efek transparansi pada panel dan terminal.





Sumber: PCplus

No comments:

Post a Comment