Saturday, May 26, 2012

Manfaat tanaman semanggi

Manfaat tanaman semanggi


Semanggi atau (green claver) adalah sejenis tumbuhan paku air (salvinialis) dari marga atau spisies (marsiela), di negeri kita sangat mudh diperoleh dan ditemukan di sawah, pematang sawah atau di tepi saluran irigasi.
Bicara tentang semanggi juga ada filosofinya menurut orang Jawa. Filosofi yang dimaksud semanggi adalah simbol persatuan, dalam bahasa Jawa biasa disebut “suh” atau pengikat sapu lidi. Tanpa “suh” sebatang lidi akan mudah patah.
Tumbuhan marga ini khas, bentuknya yang menyerupai payung yang tersusun dari empat anak daun yang berhadapan. Tak hanya itu, semangggi ternyata juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai penurun panas, sembuhkan darah tinggi, sesak nafas dan juga obat bagi orang yang mendengkur (ngorok), untuk yang sakit gigi bisa dijadikan sebagai obat kumur.
Terlebih daripada itu, daun semanggi juga memberikan manfaat lebih untuk kesehatan wanita, menurut yang pernah say abaca di salah satu media bahwa dari hasil penelitian daun semanggi diteahui mengandung isoflavon. Isoflavon adalah zat aktif yang mengandung hormone esterogen dari bahan tumbuhan yang bika dikonsumsi teratur, daun semanggi akan mengurangi gejala klinis yang muncul sebelum dan saat masuk tahap menopause serta meningkatkan kualitas tulang hingga terhindar dari osteoporosis.
khasiat Semanggi sebagai obat herbal  diantaranya Sbb :
•           sebagai penurun panas
•           sembuhkan darah tinggi
•           sesak nafas dan juga obat untuk yang tidurnya Ngorok, dan
•           u sakit gigi bisa dijadikan sebagai obat kumur.

Terlebih daripada itu, daun semanggi juga memberikan khasiat lebih untuk kesehatan wanita, karena mengandung isoflavon. Isoflavon merupakan zat aktif yang mengandung hormone esterogen dari bahan tanaman yang bika dikonsumsi teratur, daun semanggi akan mengurangi gejala klinis yang muncul sebelum dan saat masuk tahap menopause serta meningkatkan kualitas tulang hingga terhindar dari Osteoporosis.

Selain apa yang saya sampaikan diatas, semanggi juga sangat enak dibikin pecel. Weleh-weleh, ngomongin pecel jadi laper & ngiler... mending saya makan dulu..he..he..he..


No comments:

Post a Comment

Post a Comment