Tuesday, January 1, 2013

Tips Pintar Memilih Ponsel Kamera

Tips Pintar Memilih Ponsel Kamera - Indonesia adalah salah satu Negara  di Asia Pasifik pengguna ponsel terbanyak setelah Cina dan India. Banyak jenis ponsel dengan desain, fitur dan harga merangsek di pasar tanah air dan masing-masing vendor ponsel kini saling unjuk gigi akan keunggulan ponsel mereka. Sekarang ini ponsel yang beredar di pasaran sudah memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga keberadaan ponsel bukan hanya sebagai alat komunikasi namun sudah menjadi multifungsi.


Dari sekian fitur yang ada di ponsel, kamera menjadi fitur yang sangat penting dan popular,itu karena fungsinya dapat menggantikan kamera digital. Untuk itu kali ini saya akan memberikan info Tips Pintar Memilih Ponsel Kamera berikut ulasannya:


1.       Resolusi Kamera
Resolusi merupakan jumlah piksel yang tersusun dalam sebuah gambar yang diambil melalui sebuah lensa kamera. Sebuah gambar/foto terdiri dari ratusan hingga ribuan piksel yang terdapat didalamnya. Semakin besar jumlah piksel dalam sebuah gambar, maka akan semakin tajam gambar yang dihabiskan dan akan semakin bagus saat gambar dicetak.
Jumlah piksel ini biasanya disebutkan dalam satuan MegaPiksel dalam spesifikasi sebuah ponsel. Ponsel dengan harga menengah ke atas biasanya memiliki resolusi minimal 8 Megapiksel (MP) sampai 12 MP. Bahkan Nokia Pure View memiliki kamera beresolusi 41 MP.  Sedangkan kamera  ponsel menengah biasanya berada di resolusi 5 Megapiksel, dan kamera ponsel menengah kebawah mempunyai resolusi di bawah 5 MP.
Jadi bila kamu sedang memilih ponsel kamera, jangan lupa mempertimbangkan resolusi yang dibawa. Apakah 3, 5, 8, ataukah 12 Megapiksel? dan untuk saat ini, sudah tidak zaman kamera dengan resolusi VGA kecuali untuk kamera depan. Sekali lagi, Resolusi mempengaruhi kualitas foto.

2.       Flash Light
Flash light adalah sebuah fitur yang biasanya ada dalam sebuah kamera. Kadang untuk menekan harga, flash light tidak disertakan dalam sebuah ponsel. Oleh karena itu, jangan lupa cek kehadiran Flash Light saat membeli ponsel berkamera. Flash light adalah lampu kecil yang berfungsi untuk memberikan penerangan ke obyek saat lensa mengambil gambar. Tentunya kamu sudah tahu akan cahaya putih yang keluar saat kamera mengambil gambar. Itulah Flash light. Flash light merupakan fitur yang sangat penting dalam kamera, terutama saat malam hari. Karena obyek yang sedikit mendapat cahaya, akan terekam ‘buram’ dalam kamera. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh kepada kualitas gambar yang dihasilkan. Apalagi saat malam hari tanpa ada penerangan sama sekali, sebuah lensa kamera bahkan bisa tidak dapat mengambil gambar. Oleh karena itu, cek apakah ponsel yang ingin anda beli memiliki Flash Light?

3.       Autofukus, Lensa dan Sensor Kamera
Fitur ini walau bukan fitur yang langsung berpengaruh pada hasil gambar namun pengaruhnya besar pada kamera ponsel yang mana digolongkan sebagai jenis kamera sederhana. Autofokus adalah sebuah kemampuan kamera untuk menempatkan fokus lensa pada obyek yang dipotret. Tanpa adanya penempatan fokus yang benar, foto yang dihasilkan dapat menjadi buram karena salah fokus.
Upayakan untuk tidak memilih kamera dengan fokus yang sudak terkunci atau “fixed fokus”. Hal ini menyebabkan kamera tidak dapat menyesuaikan lensa untuk menempatkan titik fokusnya. Sehingga yang terjadi adalah sang obyek yang harus mendekat atau menjauh untuk memperoleh hasil foto yang jelas.
Untuk  lensa, banyak sekali jenis lensa yang tersedia dipasaran. Tapi yang terbaik tetap satu yaitu lensa Carl Zeins. Bila kamu memiliki kamera dengan lensa Carl zeins, dapat dipastikan hasil foto akan lebih tajam.
Dan untuk jenis sensor kamera, ada dua tipe yaitu CCD(charge Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Pada umumnya fitur ini hanya ada di ponsel kamera level menengah dan premium.

4.       White Balance, Exposure dan Sciene Mode
White balance adalah pengaturan eksposure sebuah gambar. White balance bekerja dengan memperhatikan jenis cahaya yang berada di sekitar obyek foto. Tanpa adanya kemampuan White balance secara otomatis, foto yang dihasilkan akan menjadi berwarna kebiruan, kekuningan atau bahkan kehijauan tergantung dari cahaya yang ada di sekitar obyek foto. Pastinya kamu pernah menemui foto yang demikian.
Pengaturan Eksposure merupakan pengaturan jumlah cahaya yang masuk. Dengan pengaturan sumber cahaya yang masuk, kamu akan mendapatkan foto yang tidak terlalu menyilaukan atau terlalu gelap. Hal ini tentunya juga sangat dipengaruhi sumber cahaya yang ada disekitar obyek.Fitur fitur ini biasanya sudah dibenamkan dalam ponsel-ponsel saat ini. Mulai dari yang harga murah, sampai ponsel kelas atas.

5.       Kemampuan Upload Social Networking
Tidak dapat dipungkiri kehidupan sekarang (terutama remaja) tidak pernah lepas dari Social Network. Muali dari Friendsteer, Facebook, twitter dan lain lain. Kemudahan dalam menjangkau social media tentunya menjadi perhatian tersendiri bagi vendor ponsel. Ponsel yang dapat meng’upload’ secara langsung hasil jepretan kamera sudah sangat disukai oleh remaja jaman sekarang. Dengan kemampuan ini, kamu dapat menampilkan fotomu saat itu juga, saat kamu masih berada di tempat pemotretan. Tak perlu lagi menunggu pulang untuk mentransdernya ke terlebih dahulu.

6.       Fitur Makro
Fitur makro biasanya disematkan pada ponsel kamera menengah keatas, fitur ini juga digunakan untuk memfokuskan objek yang dekat dengan lensa dan menghasilkan foto dengan kualitas lebih tajam dan detail.

7.       Kualitas Rekaman Video
Ponsel dengan fitur kamera ini biasanya telah di bundle dengan fitur rekaman video,fitur ini ditentukan oleh seberapa besar frame per second (FPS) yang dimiliki ponsel. Semakin tinggi FPSnya maka akan semakin bagus kualitas video yang akan dihasilkan.

8.       Akses Tombol Khusus Kamera
Dengan adanya akses tombol khusus kamera  itu memudahkan pengguna dalam menggunakan fitur kamera sehingga tidak perlu masuk ke menu ponsel untuk mencari fitur kamera. Akses tombol khusus kamera ini umumnya sudah ada pada ponsel kamera muarah ,menengah samapai premium.


Semoga Tips Pintar Memilih Ponsel Kamera ini bermanfaat buat anda yang lebih sering mengunakan ponsel untuk mengabadikan sesuatu.terima kasih sudah mau berkunjung ke blog ini.

No comments:

Post a Comment