Thursday, July 19, 2012

Tips Mencegah Penyakit Maag di Bulan Puasa

Tips Mencegah Penyakit Maag di Bulan Puasa -  Sebentar lagi kita semua akan memasuki bulan Ramadhan jadi kali ini saya akan memberikan beberapa Tips Mencegah Penyakit Maag di Bulan Puasa sesuai dengan pengalaman saya. Mungkin Anda bisa melakukannya dengan cara merubah pola hidup dan pola makan yang baik. Bila Anda dapat melakukan perubahan itu, semoga penyakit maag yang menyerang Anda akan hilang dengan perlahan.

Tapi apabila hal itu masih kurang untuk mencegah penyakit maag menyerang Anda, maka saya mempunyai 6 tips kesehatan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit maag yang bandel, kebetulan tips ini diambil dari beberapa pengalaman keluarga, teman dan saya sendiri :
1.      Berbukalah tepat pada waktunya, jangan diundur-undur. Saat berbuka mulailah dengan makanan yang manis secukupnya, ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh. Saat berbuka jangan langsung menyantap makanan ‘besar’ (nasi dan lauk pauknya). Sebaiknya, makan besar dilakukan kira-kira satu jam setelah berbuka, agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.
2.      Perbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat juga makan porsi kecil (mengurangi porsi makan) pada saat berbuka, namun frekuensi makan lebih sering, sehingga kalori yang masuk kurang lebih sama dengan sebelumnya. Lalu, untuk mengatasi maag, dianjurkan untuk makan snack dan makan buah, tujuannya agar lambung tidak kosong.serta hindari makanan yang berlebihan atau porsi berlebihan sekali makan.
3.      Hindari makanan/minuman yang memicu maag. Makanan/minuman yang dapat memicu maag adalah makanan yang berlemak, pedas, minuman berkarbonasi, kopi. Mengapa kopi masuk dalam kategori minuman pencetus maag, Karena kopi mengandung kafein yang dapat mengendurkan katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan gas di lambung naik hingga kerongkongan.Maka dari itu, hindarilah dari sekarang makanan/minuman yang mengandung hal tersebut.
4.      Kendalikan stres. Sebab stres dapat meningkatkan produksi asam lambung dan melambatkan kecepatan pencernaan. Karena stres bagi sebagian orang kadang tidak dapat dihindari. Namun cobalah untuk mengenali dan mengatasinya. Kemudian tak lupa istirahatlah yang cukup dan olahraga teratur. Sebab jika sudah tidak bisa kendalikan setres, maka akan menyebabkan lupa istirahat dan lupa makan, otomatis sakit maag akan lebih mudah menyerang diri kita.
5.      Berhentilah minum alkohol, atau setidaknya menguranginya. Jika kita terlalu sering mengkonsumsi minum-minuman yang beralkohol dapat mengiritasi dan mengikis lapisan mukosa dalam lambung dan dapat mengakibatkan peradangan dan pendarahan. Anda tidak mau mengalami hal tersebut bukan oleh karena itu hindarilah dari sekarang.
6.      Berhenti merokok. Mungkin untuk yang keenam ini agak flix bagi sebagian orang, terutama para cowok. Sebab hal ini sudah pernah saya perintahkan pada teman saya secara berulang-ulang, agar berhenti merokok. namun hasilnya dia tidak bisa, dengan alasan sudah kecanduan. Merokok yang dapat mengganggu kerja lapisan pelindung lambung, membuat lambung lebih rentan terhadap tukak/luka di lambung. Merokok juga meningkatkan asam lambung, sehingga menunda penyembuhan lambung dan merupakan penyebab utama terjadinya kanker lambung.
7.      Jangan langsung tidur setelah sahur untuk menghindari mual.
8.      Bila maag sudah sangat berat, bisa diantipasi dengan minum obat maag saat sahur dan berbuka.

Itulah beberapa  Tips Mencegah Penyakit Maag di Bulan Puasa yang berkelanjutan. Semoga dengan tips yang saya berikan bisa bermanfaat bagi Anda semua. Apalagi sebentar lagi kita (umat Islam) akan menyambut kembali datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H, dan pasti kita akan lebih mudah terserang penyakit maag. Dan tidak lupa, saya mengucapkan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”.  Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya.

No comments:

Post a Comment